“Aku sangat mengapresiasi Universitas Bakrie, khususnya Prodi Manajemen karena sudah bekerja sama dengan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Hal ini tentu memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mahasiswanya dalam mendapatkan tempat magang di perusahaan besar, seperti aku.”

 - Arum Melati Kusuma Wardani, Manajemen 2019
Magang di PT Nestlé Indonesia, Human Resources - Employer Branding & Talent Acquisition

Arum Mahasiswi Manajemen UBakrie yang Magang di Perusahaan Multinasional

Universitas Bakrie turut menerapkan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MISB) Kampus Merdeka yang merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek. Tak terkecuali, Prodi Manajemen! Nah, pada tulisan kali ini kita akan mendengar cerita dari Arum Melati Kusuma Wardani, Manajemen 2019 yang berkesempatan magang di Multinasional Corp, PT. Nestlé Indonesia. 

Yuk, simak ceritanya!

Kenalan dengan Arum

Arum adalah mahasiswa tingkat akhir di Program Studi Manajemen angkatan 2019 yang saat ini memiliki kesibukan menyusun skripsi dan menjalani magang kembali di sebuah bank.

Pada semester 7 kemarin, Arum magang di PT. Nestlé Indonesia dan ditempatkan di Head Office yang berada di Kawasan Arkadia Green, Simatupang. 

Magang di Posisi Human Resources - Employer Branding and Talent Acquisition

Arum menceritakan kalau PT Nestlé Indonesia memiliki program magang MSIB yang disebut  dengan YES! Internship. Nah, Arum melamar di bagian Human Resource dan ditempatkan pada posisi Human Resource - Employer Branding. 

Namun, seiring berjalannya waktu, Arum berinisiatif untuk mengajukan jobdesk pada posisi Talent Acquisition.  Baginya di kedua posisi tersebut merupakan posisi yang saling berkesinambungan dan relevan dengan prodi yang Arum ambil. 

Tugasnya Apa Saja sih?

Arum menceritakan yang menjadi scope of work selama magang sebagai Employer Branding Intern adalah mendukung Talent Acquisition untuk memberikan keefektifan dalam usaha, biaya, dan waktu untuk meningkatkan angka pelamar agar PT Nestlé Indonesia  dapat menemukan kandidat yang tepat dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Nah, secara rinci Arum juga menceritakan tugas dan proyek yang pernah ia kerjakan selama magang:

  1. Sebagai Lead of MasterClass YES! Internship yang terdiri dari 3 babak, yang tujuannya sebagai pembekalan para YES! Intern agar menjadi Future Ready Talent dan memengaruhi mereka untuk meningkatkan minat bekerja di FMCG Company
  2. Sebagai Lead of Visit The Nest yang merupakan program baru dan pertama dari HR yang ditujukan untuk external mahasiswa dapat mengunjungi kantor ataupun pabrik PT Nestlé Indonesia. Tujuannya juga untuk meningkatkan ketertarikan para mahasiswa untuk bergabung dan mendaftarkan dirinya ke PT Nestlé Indonesia, khususnya pada program NNY (Nestlé Needs Youth)
  3. Membangun hubungan dengan beberapa kampus di Jawa Tengah
  4. Membuat Job Ads
  5. Melengkapi dan mengelola Corporate Media Library
  6. Mengikuti Talent Acquisition Process mulai dari screening CV hingga interview HR.

Prodi Manajemen Mendukung #ExperienceTheRealThings

Di akhir cerita Arum juga menambahkan kalau pembelajaran yang ia dapatkan di Prodi Manajemen sangan bisa diadaptasi dan dikembangkan pada PT Nestlé Indonesia melalui beberapa project yang telah di-assign. “Prodi Manajemen juga tidak semata mata membiarkan mahasiswanya untuk magang, prodi Manajemen selalu memberikan perhatiannya kepada mahasiswa magang untuk mengetahui bagaimana progres dan mengerjakan real case secara optimal” tutupnya.